Peningkatan kompetensi IT siswa SD Karanggayam Pleret melalui ekstrakurikuler komputer
Kemampuan IT pada zaman sekarang
sudah menjadi tuntutan yang harus terpenuhi. Hal ini menjadi penting karena
menurut perkembangandan tuntutan zaman yang
akan dihadapi oleh siswa. Ketika kami mengamati dan menganalisis sumber daya
yang ada ternyata siswa SD Karanggayam Pleret masih minim dalam kemampuan IT.
Padahal saat sekarang ini adanya ANBK
untuk kelas 4 yang naik di kelas 5 serta adanya ASPD yang berbasis komputer menuntut
siswa mampu dalam IT. Terlebih pada masa pandemi covid 19 kemarin peranan
jaringan IT .]sangatlah mendukung dalam pembelajaran jarak jauh.
Bagi siswa belum paham IT sangatlah merasa kesulitan dalam melakukan
pembelajaran demikian juga yang dirasakan oleh guru ketika anak-anak didiknya
yang belum mampu dalam bidang IT. Walaupun sudah dibantu oleh orang tua namun
banyak orangtua belum mampu dalam penguasaan IT maka kendala utama ini yang
menjadi sangat sulit untuk. Oleh karena itu sangat penting bagi anak di
zaman sekarang untuk penguasaan IT khususnya bidang komputer dan jaringan.
Ketika kita menganalisis aset yang
dimiliki sekolah untuk merancang program yang ingin dilaksanakan. SD
karanggayam memiliki berbagai asset yang dapat di kembangkan.
·
Aset Manusia yang
sangat memadai karena memiliki guru-guru yang relative masih muda dan energik
serta memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memedai, siswa memiliki
antusiasme yang tinggi dalam belajar, Wali murid dan komite memberikan dukungan
penuhterhadap semua kegiatan siswa.
·
Aset Fisik adalah
memiliki ruangan yang dapat digunakan untuk kegiatan Ekstrakurikuler Komputer.
Selain itu SD Karanggayam berada di daerah yang masih dapat terjangkau jaringan
Internet dari Kominfo Kabupatrn Bantul.
·
Aset Sosial, bahwa
warga masyarakat di lingkungan SD Karanggayam memberikan keleluasaan terhadap
perubahan dan ketrampilan siswa. Hal tersebut tentunya dengan sysrat tidak
mengarah pada kerusakan moral dan sikap anak-anak
·
Aset politik, adanya
dukungan dari Kominfo Kabupaten Bantul untuk pemasangan akses internet. Adanya
kerjasama ini selain menghemat biasya tiap bulan, yang tidak kalah penting
adalah akses dari kominfo yang sudah memiliki filter terhadap akses-akses yang
tidak sesuai dengan usa siswa.
·
Aset Finansial dana
BOS dirasa cukup karena memiliki siswa 127 sehingga sebagian bisa dialokasikan
untuk pemanfaatan ataupun pengadaan dari komputer dan jaringannya.
·
Aset Budaya Dan Agama,
lingkungan sekolah memiliki budaya dan agama yang kuat dengan corak mayoritas
Nahdatul Ulama ( NU). Asset ini memberikan filter terhadap kesadarang dalam
belajar dan kesadarang dari dalam diri siswa tentang sopan santun dan Adab.
·
Aset lingkungan Alam,
SD Karanggayam berada di lingkungan pedesaan yang masih asri sehingga nyaman
dalam belajar. Namun memiliki geografis yang landau sehingga memudahkan dalam
akses jaringan.
Program peningkatan kompetensi
siswa melalui kurikuler ini berangkat dari pertanyaan awal Bagaimana cara agar
murid terampil memanfaatkan IT sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman
nya. Sehingga tujuan utama dari program ini adalah murid memiliki pengetahuan
dan keterampilan tentang IT. Murid dapat mempraktekkan penggunaan dan
pemanfaatan IT Sesuai dengan perkembangan zaman. Selanjutnya murid dapat
mengetahui manfaat dan mengimplementasikan IT dalam kehidupan sehari-hari.
Program ini dilaksanakan melalui
proses perencanaan yang matang dan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan. Pelaksanakan
kegiatan ini dimulai dengan cara penganggaran perangkat komputer dan honor guru
ekstrakurikuler pada RKAS. Selanjutnya pelaksanaan pembelian dan pemasangan
perangkat IT serta tidak kalah penting penyiapan ruangan. Untuk kelengkapan jaringan bekerjasama dengan kominfo dalam
pemasangan jaringan internet. Membuat jadwal ekstrakurikuler, membuat susunan
materi yang akan dipelajari dan yang terakhir membuat instrumen monitoring serta
evaluasi.
Program Peningkatan Kompetensi IT
melalui ekstrakurikuler Komputer ini
dimulai dari perencanaan, monitoring pelaksanaan dan evaluasi
ketercapaian program. Pentingnya perencanaan
disiapkan secara matang agar kita bisa mengetahui sejauh mana hasil dari
aksi nyata program peningkatan kompetensi siswa. Hal ini untuk Menjawab pertanyaan apakah ekstrakurikuler komputer ini sesuai dengan
tujuan yang ingin dicapai. Pemasangan jaringan internet dari kominfo untuk
kegiatan terlaksananya kegiatan pembelajaran IT ini sangat penting karena
ketersediaan dari jaringan internet ini sangat tercukupi dengan adanya
kerjasama ini.
Perasaan ketika dan setelah
menjalankan aksi nyata adalah di awal Kami merasa mendapatkan sebuah Tantangan
untuk mewujudkan perubahan yang sangat berdampak pada siswa. Selain sebagai
kebutuhan dasar siswa pada zaman era global sekarang ini tentang pemahaman dan
pengetahuan serta keterampilan dalam penggunaan IT. Berangkat dari tantangan
tersebut Kami merasa sangat terpanggil untuk bisa mewujudkannya karena kami menyadari
betul bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk siswa dan sekolah. Setelah program ini
berjalan dirasa Cukup puas karena Hasilnya cukup berjalan dengan lancar. Dalam
berjalannya kegiatan perlu selalu adanya monitoring dan evaluasi serta rencana
tindak lanjut agar program ini terus berjalan serta adanya peningkatan. Hal ini
penting dengan harapan program ini memiliki efektivitas dan juga manfaat yang
terus meningkat.
Pembelajaran yang didapat dari
pelaksanaan kegiatan ini adalah ketika kita menyusun sebuah program atau betul
mencermati aset yang kita miliki. Dengan memetakan kemampuan dan juga batasan
yang dapat dilaksanakan kita mampu merencanakan dan juga menyusun monitoring
serta mengevaluasi ketercapaian dari kegiatan. Ketika kegiatan ini sudah
berjalan dan mendapatkan sebuah hambatan, menjadi tantangan tersendiri bagi
kita untuk bisa menyelesaikan agar kegiatan ataupun program ini dapat berjalan
sesuai dengan rencana. Dari kegiatan yang sudah dilaksanakan kita dapat
mengevaluasi sejauh mana keberhasilan yang didapat. Dengan keberhasilan yang
didapat sesuai dengan harapan dengan persentase yang kita tentukan sendiri
tentunya akan menjadi semangat lebih Untuk kita dalam terus melaksanakan
kegiatan dan melanjutkan peningkatan dari program yang telah kita laksanakan.
Rencana perbaikan untuk pelaksanaan
dimasa mendatang adalah terus meningkatkan program yang bermanfaat kepada murid
sesuai dengan tuntutan zaman sebagai kodrat zaman dan juga sesuai dengan kodrat
alam yang dimiliki siswa. Kita harus mampu menganalisis kemampuan yang dimiliki
agar kita dapat mengukur kemampuan serta capaian yang ingin kita capai dari
program. Ketika program ini sudah berjalan harus selalu diadakan evaluasi untuk
mengetahui ketercapaian dan juga untuk selalu meningkatkan perbaikan atau pun
juga pengembangan didasarkan dari hasil evaluasi yang didapat. Pada program
yang kami ambil ini adalah tentang IT yang setiap waktu pasti akan selalu ada
pengembangan-pengembangan Oleh karena itu kita harus selalu peka dan tanggap
terhadap perkembangan perkembangan baru yang yang menjadi tuntutan bagi murid
pada zamannya.
# GURU PENGGERAK, TERGERAK, BERGERAK, MENGGERAKKAN MENUJU PELAJAR PROFIL PANCASILA#
Komentar
Posting Komentar