Peningkatan kompetensi IT siswa SD Karanggayam Pleret melalui ekstrakurikuler komputer

Kemampuan IT pada zaman sekarang sudah menjadi tuntutan yang harus terpenuhi. Hal ini menjadi penting karena menurut perkembangandan tuntutan  zaman yang akan dihadapi oleh siswa. Ketika kami mengamati dan menganalisis sumber daya yang ada ternyata siswa SD Karanggayam Pleret masih minim dalam kemampuan IT. Padahal  saat sekarang ini adanya ANBK untuk kelas 4 yang naik di kelas 5 serta adanya ASPD yang berbasis komputer menuntut siswa mampu dalam IT. Terlebih pada masa pandemi covid 19 kemarin peranan jaringan IT .]sangatlah mendukung dalam pembelajaran jarak jauh.  Bagi siswa belum paham IT sangatlah merasa kesulitan dalam melakukan pembelajaran demikian juga yang dirasakan oleh guru ketika anak-anak didiknya yang belum mampu dalam bidang IT. Walaupun sudah dibantu oleh orang tua namun banyak orangtua belum mampu dalam penguasaan IT maka kendala utama ini yang menjadi  sangat sulit untuk. Oleh karena itu sangat penting bagi anak di zaman sekarang untuk penguasaan IT khususnya bidang komputer dan jaringan.

Ketika kita menganalisis aset yang dimiliki sekolah untuk merancang program yang ingin dilaksanakan. SD karanggayam memiliki berbagai asset yang dapat di kembangkan.

·         Aset Manusia yang sangat memadai karena memiliki guru-guru yang relative masih muda dan energik serta memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memedai, siswa memiliki antusiasme yang tinggi dalam belajar, Wali murid dan komite memberikan dukungan penuhterhadap semua kegiatan siswa.

·         Aset Fisik adalah memiliki ruangan yang dapat digunakan untuk kegiatan Ekstrakurikuler Komputer. Selain itu SD Karanggayam berada di daerah yang masih dapat terjangkau jaringan Internet dari Kominfo Kabupatrn Bantul.

·         Aset Sosial, bahwa warga masyarakat di lingkungan SD Karanggayam memberikan keleluasaan terhadap perubahan dan ketrampilan siswa. Hal tersebut tentunya dengan sysrat tidak mengarah pada kerusakan moral dan sikap anak-anak

·         Aset politik, adanya dukungan dari Kominfo Kabupaten Bantul untuk pemasangan akses internet. Adanya kerjasama ini selain menghemat biasya tiap bulan, yang tidak kalah penting adalah akses dari kominfo yang sudah memiliki filter terhadap akses-akses yang tidak sesuai dengan usa siswa.

·         Aset Finansial dana BOS dirasa cukup karena memiliki siswa 127 sehingga sebagian bisa dialokasikan untuk pemanfaatan ataupun pengadaan dari komputer dan jaringannya.

·         Aset Budaya Dan Agama, lingkungan sekolah memiliki budaya dan agama yang kuat dengan corak mayoritas Nahdatul Ulama ( NU). Asset ini memberikan filter terhadap kesadarang dalam belajar dan kesadarang dari dalam diri siswa tentang sopan santun dan Adab.

·         Aset lingkungan Alam, SD Karanggayam berada di lingkungan pedesaan yang masih asri sehingga nyaman dalam belajar. Namun memiliki geografis yang landau sehingga memudahkan dalam akses jaringan.

 

Program peningkatan kompetensi siswa melalui kurikuler ini berangkat dari pertanyaan awal Bagaimana cara agar murid terampil memanfaatkan IT sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman nya. Sehingga tujuan utama dari program ini adalah murid memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang IT. Murid dapat mempraktekkan penggunaan dan pemanfaatan IT Sesuai dengan perkembangan zaman. Selanjutnya murid dapat mengetahui manfaat dan mengimplementasikan IT dalam kehidupan sehari-hari.

Program ini dilaksanakan melalui proses perencanaan yang matang dan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan. Pelaksanakan kegiatan ini dimulai dengan cara penganggaran perangkat komputer dan honor guru ekstrakurikuler pada RKAS. Selanjutnya pelaksanaan pembelian dan pemasangan perangkat IT serta tidak kalah penting penyiapan ruangan. Untuk kelengkapan jaringan bekerjasama dengan kominfo dalam pemasangan jaringan internet. Membuat jadwal ekstrakurikuler, membuat susunan materi yang akan dipelajari dan yang terakhir membuat instrumen monitoring serta evaluasi.

Program Peningkatan Kompetensi IT melalui ekstrakurikuler Komputer ini  dimulai dari perencanaan, monitoring pelaksanaan dan evaluasi ketercapaian program. Pentingnya perencanaan  disiapkan secara matang agar kita bisa mengetahui sejauh mana hasil dari aksi nyata program peningkatan kompetensi siswa.  Hal ini untuk Menjawab pertanyaan apakah  ekstrakurikuler komputer ini sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pemasangan jaringan internet dari kominfo untuk kegiatan terlaksananya kegiatan pembelajaran IT ini sangat penting karena ketersediaan dari jaringan internet ini sangat tercukupi dengan adanya kerjasama ini.

Perasaan ketika dan setelah menjalankan aksi nyata adalah di awal Kami merasa mendapatkan sebuah Tantangan untuk mewujudkan perubahan yang sangat berdampak pada siswa. Selain sebagai kebutuhan dasar siswa pada zaman era global sekarang ini tentang pemahaman dan pengetahuan serta keterampilan dalam penggunaan IT. Berangkat dari tantangan tersebut Kami merasa sangat terpanggil untuk bisa mewujudkannya karena kami menyadari betul bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk  siswa dan sekolah. Setelah program ini berjalan dirasa Cukup puas karena Hasilnya cukup berjalan dengan lancar. Dalam berjalannya kegiatan perlu selalu adanya monitoring dan evaluasi serta rencana tindak lanjut agar program ini terus berjalan serta adanya peningkatan. Hal ini penting dengan harapan program ini memiliki efektivitas dan juga manfaat yang terus meningkat.

Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan kegiatan ini adalah ketika kita menyusun sebuah program atau betul mencermati aset yang kita miliki. Dengan memetakan kemampuan dan juga batasan yang dapat dilaksanakan kita mampu merencanakan dan juga menyusun monitoring serta mengevaluasi ketercapaian dari kegiatan. Ketika kegiatan ini sudah berjalan dan mendapatkan sebuah hambatan, menjadi tantangan tersendiri bagi kita untuk bisa menyelesaikan agar kegiatan ataupun program ini dapat berjalan sesuai dengan rencana. Dari kegiatan yang sudah dilaksanakan kita dapat mengevaluasi sejauh mana keberhasilan yang didapat. Dengan keberhasilan yang didapat sesuai dengan harapan dengan persentase yang kita tentukan sendiri tentunya akan menjadi semangat lebih Untuk kita dalam terus melaksanakan kegiatan dan melanjutkan peningkatan dari program yang telah kita laksanakan.

Rencana perbaikan untuk pelaksanaan dimasa mendatang adalah terus meningkatkan program yang bermanfaat kepada murid sesuai dengan tuntutan zaman sebagai kodrat zaman dan juga sesuai dengan kodrat alam yang dimiliki siswa. Kita harus mampu menganalisis kemampuan yang dimiliki agar kita dapat mengukur kemampuan serta capaian yang ingin kita capai dari program. Ketika program ini sudah berjalan harus selalu diadakan evaluasi untuk mengetahui ketercapaian dan juga untuk selalu meningkatkan perbaikan atau pun juga pengembangan didasarkan dari hasil evaluasi yang didapat. Pada program yang kami ambil ini adalah tentang IT yang setiap waktu pasti akan selalu ada pengembangan-pengembangan Oleh karena itu kita harus selalu peka dan tanggap terhadap perkembangan perkembangan baru yang yang menjadi tuntutan bagi murid pada zamannya.

# GURU PENGGERAK, TERGERAK, BERGERAK, MENGGERAKKAN MENUJU PELAJAR PROFIL PANCASILA# 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SD Karanggayam Pleret Launching Logo Sekolah

Kegiatan Ramadhan 1443 H - SD Karanggayam Pleret

Spirit Isro' Mi'raj Bersama PAI KUA Sewon di SD Karanggayam Pleret